Sukses di dalam Tuhan (Yosua 1 : 1-10)

Tuhan Yesus senantiasa merancangkan masa depan yang penuh pengharapan untuk setiap kita, anak-anakNYA. Apa yang dilakukan Yosua untuk menjadi orang yang tangguh dan sukses di dalam Tuhan?

Setia akan hidup takut pada Tuhan, kita semua pasti ingin menjadi orang sukses. Ikuti proses yang berasal dari Tuhan Yesus, percaya pada penyertaan Tuhan di dalam hidup kita (ay.5). Janji penyertaan Tuhan itu pasti, saat Tuhan Yesus yang memulai maka DIA mengakhirinya dengan kemuliaan. Pegang janji Tuhan dalam hidup kita, hidup dalam penyertaan Kasih-NYA.

Kita harus berani untuk berpegang pada janji Tuhan dalam penyertaan-NYA, itulah bekal sukses di dalam Tuhan. Kuncinya adalah bahagia mengikut Tuhan.

Meskipun tekadang harus menghadapi tekanan, tetapi tetaplah setia dengan sikap bahagia menghadapinya bersama Tuhan Yesus. Berhati-hati dalam melangkah, senantisa minta hikmat yang dari Tuhan Yesus, Bapa kita.

Hidup fokus di dalam Tuhan, hukum Tuhan harus berada di tempat tertinggi di dalam hidup kita. Bertindak hati-hati sesuai dengan Firman Tuhan; sumber kebenaran dan hidup. Berkomitmen taatn dan takut akan Tuhan untuk menggapai kesuksesan hidup.

Perkatakan kebenaran Firman Tuhan, renungkan setiap Firman-NYA setiap saat. Hidup dengan cara yang benar, awali hidup kita setiap hari dengan Firman Tuhan. Setiap tindakan dan keputusan kita berdasarkan Firman Tuhan, maka kita menggapai kesuksesan hidup untuk kemuliaan nama Tuhan; hidup jujur. Hidup beruntung di dalam Tuhan, mulai dengan yang baik dan akhiri dengan baik juga sehingga hidup kita berhasil serta menyenangkan hati Tuhan.

Pertahankan hidup kita yang intim dengan Tuhan Yesus, bukan menjadi fanatik tetapi tulus menyenangkan hati Tuhan Yesus melalui kesuksesan hidup kita. Miliki hikmat yang berasal dari Tuhan, saat Tuhan percayakan setiap hal dalam hidup kita maka berjalanlah seturut tuntunan-NYA.

** sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt.Reo Panggabean (Jakarta) di GBIS Kepunton