Sabar (Yosua 6 : 1-4)

Dibalik kesabaran ada berkat yang luar biasa, orang yang sabar lebih dari pahlawan (Amsal 16 : 32). Orang yang menguasai diri lebih kuat dari orang yang merebut kota.

Seorang hulubalang memiliki kontrol pada pasukan yang setia kepadanya di daerah atau distrik tertentu, bukan kepada pemerintah sesungguhnya. Namun Tuhan Yesus berfirman bahwa DIA pasti mencurahkan berkat dimanapun kita berada, ketika hidup kita tetap teguh melakukan Firman Tuhan dengan penuh kesabaran; karena Tuhan Yesus adalah Allah yang tak terbatas.

Dimana anak-anak Tuhan berdiri, disitulah Tuhan Yesus bekerja dan kemuliaan-NYA dinyatakan. Sabar berarti mengerti kelemahan orang, tekun saat menderita, mengampuni saat difitnah dan disalah mengerti, dan menantikan jawaban doa dengan hidup berkenan pada Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus adalah Allah Bapa kita yang detail, setiap Firman-NYA adalah langkah kita menuju perkenanan dan kemuliaan-NYA.

Tuhan hadir ditempat kita berdiri untuk menegakkan kedaulatanNYA, biarlah Tuhan Yesus hadir dan tinggal tetap di dalam kita.

“Kuri” gelar kehormatan Tuhan Yesus, Allah Bapa penguasa yang tidak terbantahkan (I Korintus 3 : 16 dan I Petrus 3 : 15a). Hiduplah mutlak dipimpin Tuhan Yesus, dan hidup kita diberkati.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. Daniel Rudi di GBIS Kepunton