Berkat (Mazmur 127 : 2)

Untuk menarik berkat dari Allah, kita harus membereskan hidup. Segala berkat berasal dari perkenanan Tuhan atas hidup kita.

Berkat diberikan Allah kepada orang beriman bisa melalui orang dunia (Imamat 11 : 13-15). Segala sesuatu yang orang percaya terima berasal dari Tuhan. Kita harus lebih taat kepada Tuhan daripada kepada manusia.

Tuhan pasti akan mengirim nafkah dengan berkelimpahaan untuk anak-anakNYA. Tuhanlah sumber segala berkat, maka kita harus bisa hidup berkenan kepadaNYA.

Tuhan memberikan berkat lebih dari yang kita minta dan yang kita perkirakan (Efesus 3 : 20). Saat Tuhan memberikan berkat, pada saat itu juga Tuhan Yesus menginginkan hidup kita bertumbuh dalam iman sehingga hidup anak-anakNYA menjadi berkat.

Tuhan Yesus tahu pasti waktu yang tepat untuk melimpahkan berkat bagi setiap orang percaya. Menanti setiap berkat Tuhan dengan kesabaran dan ketekunan melakukan setiap FirmanNYA. (Yohanes 3:2)

Berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh, maka berkat-berkat Allah dilimpahkan di dalam hidup kita. Tuhan Yesus tidak akan pernah memberikan berkat pada orang yang malas.

Ada tangan Tuhan Yesus dalam setiap hidup yang kita alami, tidak ada perkara yang kebetulan bagi orang beriman. Pasti ada karya Allah di dalam hidup orang percaya.

Tuhan Yesus tetap bekerja memberkati dan menolong kita dengan cara-cara yang alamiah, biasa-biasa dan tidak kita sadari. Orang beriman menanam dan Tuhan Yesus yang menumbuhkannya.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. Jonatan Jap Setiawan (GBIS Kepunton)